Bunker Survey Di Kapal Offshore Support Vessel MERMAID NUSANTARA
Pagi
itu dalam perjalanan ke kantor perusahaan jasa marine survey PT. Binaga
Ocean Surveyor saya di telepon oleh teman "Bro, bisa gak bantu saya
untuk mengawasi Bunker Survey di kapal OSV.MERMAID NUSANTARA, jujur saja
kemaren menggunakan perusahaan lain untuk mengerjakan survey ini, namun
bukan saya yang menunjuk surveyornya", singkat cerita saya oke kan
permintaan teman ini, dan kami janji ketemu di La Kopi Cafe di kawasan
KDA Batam Centre untuk membicarakan lebih banyak hal terkait karena
berkaca pada pengisian bunker sebelumnya kapal mengalami susut yang
lumayan banyak, penerimaan bunkernya berkurang 50 Kilo Liter.
BerCerita
tentang Bunker Survey, tentunya ada baiknya kita cari tau dulu apa sih
tujuannya teman saya, oh ya teman saya namanya Pak Mario Casillas dari
PT. Yavindo Sumber Persada adalah sebuah perusahaan Niaga Umum BBM
(Bahan Bakar MInyak) yang mensuplai pengisian bahan bakar minyak untuk
bunker ke kapal-kapal yang banyak di pulau Batam ini, kembali ke tujuan
Bunker Survey adalah untuk Menghitung jumlah bunker yang di terima oleh
kapal suppiy/shore tank saat di pelabuhan muat atau pelabuhan bongkar
dan atau Menghitung banyaknya sisa bunker di kapal (ROB)sebelum
pengisian /transferring dimulai dan setelah selesai pengisian
/transferring .
Untuk
mencapai tujuan diatas, maka pihak pemilik kapal atapun penyewa kapal
dan atau pun supllier Bunker akan menggunakan Jasa Marine Survey guna
memastikan proses Bunker Survey berjalan lancar sesuai aturan dan kaidah
yang berlaku, untuk mencapai tujuan itu maka seorang Marine Surveyor
setidak menyiapkan beberapa peralatan survey yang akan di gunakan untuk
survey bunker setidaknya seperti umumnya alat pelengkapan surveyor kapal
yaitu antara lain;
PERALATAN
Kalkulator 12 dijit atau sejenisnya
Alat tulis (Pena ,buku&from perusahhan)
Sounding Tape
Alat ukur (Meteran)
Water/oil paste
Tank sounding Form dan bunker survey from
Safety shoes ,safety Helmet ,Life Vest, Respirator ,Safety Clothes ,Sarung Tangan.
PELAKSANA
Surveyor
Asisten surveyor
LANGKAH KERJA MARINE SURVEYOR
Tiba
lah saatnya Bunker Survey di laksanakan, pagi itu sekitar jam 7 pagi
di penghujung bulan September, di tanggal 30 September 2016 kapal
tongkang pembawa minyak solar yang mau di supplai ke kapal OSV. Mermaid
Nusantara sudah datang dan saling merapat, kapal tongkang atau sering
disebut Bunker Barge bernama lambung ASTA CHAISUN II, segera saja kami
tim Marine Surveyor PT. Binaga Ocean Surveyor (BOS) segera menuju ke
kapal, oh ya kapan ini lagi lego jankar atau anchorage di wilayah laut
Kabil, jadi tidak sandar di pelabuhan makanya kami menggunakan Pilot
Boat (boat pandu) ke tengah laut untuk menjangkau kapal OSV. MERMAID
NUSANTARA dan Kapal MT. ASTA CHAISUN II dan MT. ASTA RAYA yang membawa
muatan 500,000 Liter minyak solar atau MGO (Marine Gas Oil) atau HSD
(High Speed Diesel) ini.
BUNKER SURVEY DI TONGKANG (BUNKER BARGE)
Marine Surveyor kami menemui Kapten /juragan kapal supply, bagi anda Marine Surveyor atau siapa pun yang berminat dengan pengetahuan tentang Bunker Survey ini, boleh di simak beberapa hal penting yang kalian harus perhatikan ketika naik ke kapal Bunker Survey diantaranya sebagai berikut;
-Pelajari loading information /tank table dan pastikan kebenarannya (approved by class atau di kalibrasi)
-Catat draft untuk menentukan Trim dan Heel
-Periksa dan ukur (sounding & ullaging )semua tanki bunker yang ada di kapal
-Periksa suhu bunker di tiap-tiap tanki.
-Dapatkan volume bunker di semua tanki sebelum kegiatan pengisian atau pembongkaran (initial).
-Setelah selesai muat/ bongkar bunker ,ulangi langka seperti pada sebelumnya muat/bongkar
-Tentukan jumlah /volume bunker di kapal setelah muat /bongkar bunker (Final)
-Selisih Final dan initial sama dengan jumlah bunker yang diterima /diserahkan oleh tongkan dengan koreksi +/- pemakain tongkang mulai dari saat muat/bongkar sampai dengan selesai muat ,bila ada.
-Setelah voleme bunker dalam setiap tanki ditentukan ,gunakan berat jenis (density Values) dari bunker yang di supply sebagai konversi untuk menentukan berat .
-Tentukan juga jumlah kandungan lain kalau ada ( air,sedimen ,gold) kemudian di buat catatan apakah kandungn itu sudah termasuk atau belum dalam jumlah bunker.
BUNKER SURVEY DI KAPAL OSV. MERMAID NUSANTARA
Setelah selesai pemeriksaan di Kapal Supplier BUnker nya selanjutnya kita beranajk ke kapal sebelahnya, yaitu Kapal OSV. Mermaid Nusantara yang akan di isi Bunker Minyak nya, beberapa hal penting yang kalian harus perhatikan ketika naik ke kapal Bunker Survey diantaranya sebagai berikut;
Temui chief Engineer untuk Melakukan Bunker Survey dan minta kepadanya untuk member tahu bagian deck untuk tidak melakukan kegiatan pemuatan ,pemindahan air ballast /air tawar dll yang dapat mempengaruhi draft atau Trim/list kapal sampai selesainya pengukuram ROB bunker.
Periksa dan catat draft kapal kemudian jadikan menjadi Actual Draft untuk mendapatkan trim dan hell kapal.
Usahakan agar Trim sekecil mungkin dan kapal berada dalam kondisi upright position selama pengukuran .
Lakukan
Gauging (Sounding / ullaging) untuk semua tanki bunker sebelum
kegiatan bongkar muat bunker di mulai (intial)bersama dan disaksikan
oleh Chief Engineering atau senior Engineering yang di tugaskan Fihak
kapal untuk itu .sebelum melakukan gauging ,periksa tinggi sounding
tape,pipa sounding ,dan apakah fuel additive di tambahkan ke viva
sounding.
Periksa
suhu bahan bakar di setiap tanki –jika thermometer tidak tersedia
,khusus ny double bottom tanks supaya menggunakan suhu air lain saat
itu suhu kamar mesin untuk tangki-tangki dalam kamar mesin .Untuk
settling dan sewer thaks ,gunakan suhu bunker dalam tanki tersebut.
Setelah
selesai gauging ,hitung kuantitas bunker yang ada dalam tanki dengan
menggunakan table kalibrasi/ tank calibration table kapal dengan koreksi
trim dan hell/list kapal.pastikan bahwah sounding table yang di berikan
pihak kapal benar dan sesuai dengan nomor tangki -2 yang di ukur.
Setelah
volume bunker dalam setiap tanki di tentukan,gunakan berat jenis
(density values)dari bunker receipt terakhir sebelumnya sebagai konversi
untuk menentukan berat .Bunker yang tersesisa dikapal biasanya dihitung
dalam metric ton,bukan meter kubik.
Setelah
selesai muat /bongkar bunker ,ulangi langka-langkah seperti pada
initial untuk mendapatkan jumlah ROB BUNKER pada saat Final.
Selesai
Final dan initial sama dengan jumlah ROB bunker yang diterima atau
dibongkar di/dari kapal dengan dikoreksi +/- Pemakaian kapal mulai dari
initial sampai dengan final adalh jumlah bunker yang di terima.
Tentukan
juga kandungan lain bila terdeteksi seperti air dan sidemen lain-lain
kalau ada ,kemudian dibuat catatan apakah kandungan itu sudah termasuk
atau belum dalam jumlah bunker yang di terima.
Tiba-tiba
Surveyor saya memberikan laporan, penerimaan bunker survey susut dari
angka penerimaaan yang seharusnya, dan dari teman-teman yang sebelumnya
mempunyai pengalaman mengerjakan Bunker Survey di kapal ini juga pernah
menceritakan hal yang sama, kok bisa hilang lagi gini? kemana lari
minyaknya?
Harus
di ingat, kurang/Susut atau shorted dalam Bunker Survey bisa jadi
memang minyaknya hilang raib di ambil sama oknum nakal, namun bisa juga
susut terjadi hanya diatas kertas dan perhitungan saja tapi secara fisik
minyak itu ada gak berkurang, di sini seninya mengerjakan Bunker Survey
terlalu banyak drama nya.
Untuk
di ketahui saja setidaknya Berikut 10 Cara Menghindari Kekurangan
Muatan Saat Bunker Survey ke kapal laut, silahkan disimak biar bunker
survey nya aman dan minyak tidak susut atau hilang sewaktu bunker
survey, yaitu ;1. Awas Tabel Kalibrasi Kapal di Ganti
Pelaut harus jeli memriksa buku tabel kapal milik bunker barge apakash sudah terkalibrasi dengan baik, buku tabel kablirasi kapal yang original harus disertain stempel dari class atau badan yang berwenang.
2. Panjang Pita Sounding Tidak Akurat
Pastikan sounding taoe yg digunakan dimulai dari angka Nol dan tidak ada sambungan
3. Pipa Sounding di Modifikasi
Terkadang ada juga pelaut atau bunker club yang tidak baik dengan berbuat memodifikasi pipa soundingan dengan memberi penghalang di ujung pipa sounding dengan kondom atau penghalang lainnya, makanya pastikan tinggi reference height sama dengan yg ada di buku tabel kalibrasi kapal.
4. Hasil Sounding NOL belum tentu isi tanki kapal kosong
Hasil sounding menunjukan angka nol belum tentu tidak ada minyak di dalam tanki maka periksa berdasarkan buku tabel kalibrasi kapal
5. Hati-hati ada transfer antar Tanki maupun pemamfaatan Gravitasi
Minta stowage plan muatan bunker kapal sebelum di mulai bunker dan harus di cek semua tanki kapal tanpa terkecuali bukan hanya tanki yag mau di bongkar saja untuk bunker survey
6. Awas efek Cappucino (busa dari pemompaan udara selama prose bunker survey)
anda harus tau apa itu "Cappuccino Effect" yang merupakan istilah untuk busa foam yang ada diatas minyak sebagai hasil dari pemompaan ketika bunker survey sedang berlangsung, pastikan ketika akan di sounding minyak sudah stabil dan tidak ada lagi "Cappuccino Effect".
7. Hati-hati bila ada Permainan Density atau Temperature
Mintalah Certificate of Quality daripada bahan bakan minyak yang akan di supply bunker ke kapal kita untuk menghindari permainan density dan temperature ketika Bunker Survey Calculation di lakukan, namun ini dilakukan untuk Bunker Survey dengan penerimaan muatan dalam satuan Metric Tons saja.
8. Barge Sample Manifold
Usahakan untuk memasang Bunker Sample Kit di ujung manifold pasa saat memasang hoses connected untuk melihat secara visual akan hal-hal yang mencurigakan dari pada minyak yang dipompa dari kapal bunker barge
9. Hati-hati ketika pelaksanaan Bunker Survey yang molor selesainya ketika Pilot sudah Boarding on Board, Banyak bunker club memamfaatkan keterbatasan waktu bunker survey dengan alasan terlambat datang padahal waktu bunker survey sudah dekat atau mepet dengan pandu naik kapal.
10. Hati-hati Flowmeter haya ditiup angin jika Bunker Survey menggunakan Flowmeter reading sebagai acuan penerimaan angka bunker survey di atas kapal.
Selamat Pagi Teman, Pelanggan dan Sahabat Marine Surveyors salam dari kami perusahaan Jasa Marine Surveyor hubungi kami di nomor 08127015790 Jasa Marine Surveyor jika memerlukan Jasa Marine Surveyor PT. Binaga Ocean Surveyor
Kembali
ke judul cerita Bunker Survey Di Kapal Offshore Support Vessel MERMAID
NUSANTARA, kapal Mermaid Nusantara adalah jenis kapal pendukung kegiatan
pengeboran minyak lepas pantai khususnya untuk mendukung penyelaman
bawah laut, kapal OSV. Mermaid Nusantara ini milik perusahaan Thailand
yaitu Mermaid Maritime Public Company Limited, barusan kapal ini
memenangkan kontrak baru untuk senilai 10 Juta Dollars Amerika untuk
kegiatan di Natuna Offshore di pengeboaran lepas pantai milik Premier
Natuna selama 70 hari kerja, nah kegiatan Bunker Survey Di Kapal
Offshore Support Vessel MERMAID NUSANTARA ini adalah untuk mengisi
minyak selama perjalanan ke lokasi proyek baru mereka di Laut Natuna,
Indonesia.
Yang
pengen tau detail kapal ini, berikut saya tuliskan ship particulars
dari kapal Offshore Support Vessel MERMAID NUSANTARA sebagai berikut;
Name of the Vessel : MERMAID NUSANTARA
Type of vessel : Offshore Support Vessel
Port Of Registry : Jakarta
Flag : Indonesia
Call Sign : PLLN
IMO Number : 9483061
MMSI No. : 525003272
Classification : BKI / American Bureau Shipping Registered (ABS)
Built : 2010
Dimension : L X B X H : 80.00 m x 20.40 m x 8.00 m
Gross Tonnage / Nett Tonnage : 5,001 / 1,425
Owner : Miclyn Express Offshore Pte Ltd, Singapore
Type of vessel : Offshore Support Vessel
Port Of Registry : Jakarta
Flag : Indonesia
Call Sign : PLLN
IMO Number : 9483061
MMSI No. : 525003272
Classification : BKI / American Bureau Shipping Registered (ABS)
Built : 2010
Dimension : L X B X H : 80.00 m x 20.40 m x 8.00 m
Gross Tonnage / Nett Tonnage : 5,001 / 1,425
Owner : Miclyn Express Offshore Pte Ltd, Singapore
Nah
bagi anda yang membutuhkan jasa Marine Surveyor untuk Bunker Survey
silahkan menhubungi perusahaan Jasa Marine Survey yang paling bagus dan
handal dan kredibel di bawah ini;
PT. Binaga Ocean Surveyor
Kabil Industrial Estate
Ruko CNN Blok D3 No. 3 Batu Besar, Nongsa, Kabil, Batam 29467-Indonesia
Phone : +62778 7100034
Fax. : +62778 7372503
Mobile/Direct Call 24 Hrs : +628127015790
Email : info@binaga-ocean.com
Website :http://binagaoceansurveyor.com
Kabil Industrial Estate
Ruko CNN Blok D3 No. 3 Batu Besar, Nongsa, Kabil, Batam 29467-Indonesia
Phone : +62778 7100034
Fax. : +62778 7372503
Mobile/Direct Call 24 Hrs : +628127015790
Email : info@binaga-ocean.com
Website :http://binagaoceansurveyor.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar